Minggu, 30 Juni 2013

Sepuluh Alasan Memilih Mobil Listrik

Kehadiran mobil listrik menjadi terobosan dunia otomotif di masa depan. Karena mobil tersebut merupakan kendaraan ramah lingkungan dan solusi pengganti bahan bakar minyak yang harganya di pasar dunia semakin tinggi. Pada mobil listrik, tingkat efisiensi lebih rendah karena menggunakan pembangkit listrik. Energi listrik bisa berasal dari energi air, panas bumi, energi angin, matahari, nuklir dan lain-lain. Oleh karena itu penggunaan mobil listrik dapat mengurangi polusi, pemanasan global, dan solusi krisis bahan bakar minyak.

Sebenarnya mobil listrik sudah ada sejak tahun 1930-an, tetapi mobil listrik kurang berkembang karena kalah pamor dengan mesin berbahan bakar minyak yang mempunyai jarak tempuh lebih jauh. Selain itu, baterai mobil listrik juga masih banyak kekurangan dan perlu dikembangkan.Sekarang ini, mobil listrik sedang ramai dibicarakan sebagai mobil masa depan. Alasannya mobil tersebut bisa menjadi solusi terhadap krisis bahan bakar minyak dunia.

Perusahaan otomotif dunia pun terus mengembangkan mobil berpenggerak motor listrik sebagai mobil masa depan dan tren dunia otomotif. Saat ini hybrid masih menjadi teknologi paling realistis untuk diterapkan di mobil. Tapi peran motor listrik akan semakin dikembangkan. Sebut saja, Nissan dengan Leaf, Mitsubishi melalui i-Mief, smart Electric Drive dan lainnya.
Mobil listrik mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh mobil berbahan bakar minyak. Kami pun merangkum 10 alasan memilih mobil listrik, yang sudah beredar di Tanah Air atau beberapa mobil yang pernah di tes oleh kami.
1. Tidak perlu ke SPBU
Pertamakali mengendari mobil listrik Anda akan mengucapkan selamat tinggal SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum). Meski nantinya akan hadir SPBL (Stasiun Pengisan Listrik Umum), tapi hal itu dapat dihindari bila Anda tertip dalam hal pengisian. Jadi, Anda tidak perlu membayar mahal harga bahan bakar yang akan terus melambung tinggi di SPBU. Yang perlu dilakukan hanya mencolok listrik di rumah saat tidur dan di kantor saat bekerja.

Oh ya, saat memiliki mobil listrik, Anda harus mempersiapkan outlet listrik 3 lubang dengan ground di rumah dan di kantor. Jadi baterai bisa selalu diisi saat mobil parkir. Tapi yang paling penting adalah mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak (BBM)

2. Pangkas biaya operasional
Kejutan paling menyenangkan pada biaya operasional karena Anda tidak perlu mengisi bensin. Seperti pada smart Electric Drive, sekali charge dari kosong hingga penuh membutuhkan biaya tidak sampai Rp 30 ribu, atau setara 3 liter bensin dengan oktan 95.

Daya tempuh 135 km membuatnya setara dengan kosumsi BBM 15 km/l. Tanpa terbebani biaya kosumsi bahan bakar, Anda mendapatkan uang lebih setiap bulan dan bisa tabungkan atau untuk kebutuhan lainnya.
3. Bebas Emisi 100 %
Salah satu masalah terbesar yang dihadapi saat ini adalah pemanasan global (Global Warming). Salah satu terjadinya global warming berasal dari mesin kendaraan bermotor konvensional, yang menciptakan polusi karbondioksida.

Tidak seperti mobil berbahan bakar konvensional, mobil listrik 100% bebas emisi dan tidak mencemarkan polusi udara. Anda bayangkan bila mobil listrik sudah bisa diproduksi massal dan semua orang menggunakannya, pastinya Bumi akan lebih hijau.

4. Keheningan Mesin Mobil
Kesan pertama mengendarai mobil listrik seperti smart Electric Drive, mempunyai keheningan mesin atau melaju tanpa bunyi mesin. Bahkan Bentley bermesin V12 atau Mercedes-Benz S-Class sekalipun tidak bisa menyaingi kehalusan mesin mobil listrik.

Suasana di dalam mobil begitu senyap, bagaikan mesin mati saat berhenti di kemacetan. Penyaluran tenaganya juga sangat halus karena tak ada perpindahan gigi transmisi. Yang terdengar hanyalah desing kecil motor listrik, yang membuat Anda seolah mengendarai mobil masa depan.

5. Rencanakan Rute Perjalanan
Pada mobil smart Electric Drive hanya mampu menempuh jarak 135 km dengan charge maksimal 8 jam. Anda harus mengatur rute perjalanan setiap melakukan aktifitas menggunakan mobil listrik. Hal tersebut bukanlah perilaku yang negatif, karena Anda akan berubah menjadi orang yang disiplin.
Tidak banyak lagi acara dadakan yang boleh diselipkan ke agenda harian atau hangout tanpa tujuan. Dan setiap kali sampai rumah, langsung charge mobil supaya esok hari bisa mengawali aktivitas dengan baterai penuh.

6. Tanpa Getaran
Dengan motor listrik 20 -40 dk dipadu transmisi 1 percepatan, laju mobil listrik sangat halus. Tidak ada lagi getaran mesin seperti pada mesin konvensional. Alhasil, Anda akan mendapatkan kenyamanan di dalam kabin dan tidak bisa ditemui pada mobil berbahan bakar minyak.

7. Aman Tidak Terbakar
Anda mungkin pernah lihat atau menemui mobil BBM yang terbakar akibat menabrak atau terlibat kecelakaan. Mobil listrik bisa terhindar dari bahaya terbakar, karena tidak melibatkan bahan bakar minyak. Hal tersebut akan menambah tingkat keamanan pengendara di dalam mobil litrik.
8. Biaya Perawatan Lebih rendah
Karena mobil listrik mempunyai komponen yang jauh lebih sedikit dibandingkan mobil berbahan bakar minyak. Dan memiliki 5 bagian pada motornya, dibandingkan mobil konvensional dengan ratusan komponen dalam mesin pembakaran internal.

Selain itu, usia baterai pada Smart Electric Drive bisa lebih dari 5 tahun. Bahkan Tesla Motor berani memberikan garansi baterai hingga 8 tahun. Dengan begitu, biaya perawatan mobil listrik lebih murah dibandingkan dengan mobil berbahan bakar listrik.

9. Kompak dan Nyaman  
Mobil listrik identik dengan modelnya kecil yang cocok untuk di perkotaan. Karena bentuknya tersebut mobil listrik terlihat kompak dan sebagai mobil masa depan. Artinya mobil tersebut pas pada porsinya atau disesuaikan berdasarkan kebutuhan pengendaranya.

Walaupun mempunyai bentuk kecil, tetapi mobil listrik tergolong nyaman berada di dalam kabinnya. Salah satu yang menjadi point utama kenyamanan adalah, keheningan di dalam kabin. Karena mesin mobil listrik tidak menimbulkan suara kebisingan atau getaran.

10. Solusi Ketergantungan Bahan Bakar Minyak.
Cadangan minyak Indonesia terus menurun sehingga menempatkan sebagai negara dengan tingkat penurunan cadangan minyak tercepat di Asia. Bahkan di dunia persedian minyak mentah hanya cukup 100 tahun ke depan.

Hadirnya mobil listrik ke pasar Tanah Air menjadikan solusi ketergantungan bahan bakar minyak. Karena mobil listrik mempunyai tingkat efisiensi rendah, alias tanpa menggunakan BBM.


lebih halus gan.....tak bersuara....heheheheeeeee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar