Rabu, 03 Juli 2013

setan2 legendaris di era tahun 1990-an

Judul artikel di atas gak ada kaitannya dengan dunia gaib tapi ngebahas mobil2 bertenaga bengis yang disegani di zamannya khususnya tahun 90-an. Ada beberapa mobil yang jadi incaran para pembalap & penghobi balap liar waktu itu. Siapa sajakah mereka yang layak mendapat predikat sedan kenceng ???

Toyota Corolla GTi (1991-1992)

Sapa sih yang tak kenal ama Corolla GTi. Dibandingkan dengan saudaranya Corolla Twin Cam…Corolla GTi lebih bertenaga. Dibekali dengan mesin legendaris 1.600 cc berkode 4A-GE DOHC 16 valve sanggup mengeluarkan tenaga hingga 140 hp…!!! Redline-nya pun sanggup mencapai 8.000 RPM. Yup, mesin 4A-GE yang dipake sama dengan Toyota Levin yang dipake si Tukang Tahu dalam film Initial-D. Sedan ini pun punya reputasi cukup baik di ajang rally. Beredar cukup singkat hanya di tahun 1991-1992, Corolla GTi masih diburu hingga saat ini.

Mitsubishi Eterna GTi (1990-1992
Boleh di bilang Eterna GTi ini mendobrak sedan premium saat itu yang cenderung ogah2an diajak ngebut. Mengusung mesin berkode 4G63 berkapasitas 2000 cc, DOHC, 16 valve sanggup mengeluarkan tenaga 145 hp. Mobil ini digandrungi oleh kaum eksekutif muda yang doyan bejek gas. 

Mitsubishi Lancer Dan Gan (1991-1992)
Bertampang mirip ikan hiu, Lancer Dan Gan dibenamkan mesin 4G67 berkapasitas 1.800 cc, DOHC, 16 valve mengeluarkan tenaga mencapai 140 hp. Didukung kaki2 yang kokoh & lincah bermanuver membuat Dan Gan diandalkan sebagai mobil rally. Kalo Eterna GTi banyak disukai kaum eksekutif sedangkan Dan Gan lebih diminati oleh ABG ato kalangan mahasiswa saat itu.

Mazda Astina (1991-1993)
Aura mobil sporti & kenceng langsung terlintas begitu melihat mobil ini. Belum lagi lampu utama model pop up & speedometer digital yang menjadi ciri khasnya seolah si pengemudi lagi berada di mobil KITT Knight Rider :D Dibekali mesin 1.600 cc, DOHC, 16 valve sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 140 hp. Astina lebih banyak dipake buat ngetrek di jalanan mulus dibandingkan dengan di jalan jelek (rally). 

Honda Civic Estilo (1992-1995)
Tenaganya paling kecil diantara semua rival yang ada saat itu, cuman 120 hp…wajar mesinnya berkode D16 cuman 1.600 cc SOHC. Tapi bodi hacthback yang mungil & ringan membuat Estilo lincah diajak menari di tikungan. Hingga saat ini Estilo masih jadi andalan kalangan speedgoers mulai dari balap turing, drag race hingga balap liar.

Ingin berburu setan2 di atas ??? hhhmmm…rada susah nyarinya secara besutan2 tadi di atas sudah menjadi barang simpanan pecinta kecepatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar