Minggu, 30 Juni 2013

Cara menjadi kontraktor bangunan yang baik

Selalu ada peluang jika kita mau belajar dan berani mengambil sebuah kesempatan dengan segala resikonya, salah satu bidang usaha yang menjadi favorit lulusan teknik sipil adalah kontraktor. Lalu bagaimana cara menjadi pemborong bangunan yang baik agar usaha yang kita jalani dapat berkembang pesat atau minimal bisa mendatangkan penghasilan rutin karena selalu ada saja calon pembangun rumah yang meminta kita untuk bekerja sama. ternyata jawabanya cukup sederhana namun bisa jadi sulit dilakukan karena ada kaitanya dengan pengendalian diri dalam lingkup kecil sampai dengan perusahaan, Rahasianya kita atau kontraktor harus bersifat
  • Benar : kita harus melakukan pembangunan dengan benar yang untuk mendukung hal ini kita bisa belajar tentang ilmu bangunan dan ilmu agama sehingga dapat melaksanakan pekerjaan dengan benar sesuai dengan kontrak konstruksi.
  • Cerdas : pandai menciptakan inovasi baru untuk memperlancar pembangunan seperti memikirkan metode kerja terbaik sehingga dapat dipilih cara pelaksanaan paling bagus dengan biaya murah serta menghasilkan kualitas bangunan maksimal.
  • Dapat dipercaya : tidak melakukan kecurangan dalam bekerja seperti pengurangan penggunaan bahan bangunan ;-(
  • Menyampaikan : melaksanakan borongan sesuai dengan amanat yang diberikan oleh pemilik bangunan kepada kita sebagai kontraktor.
Keempat sifat tersebut adalah teladan dari Nabi Muhammad SAW yang apabila kita jalankan maka bisnis apapun akan berjalan dengan lancar :-) kenapa bisa demikian? karena promosi paling bagus adalah ketika pelanggan kita menceritakan tentang kebaikan kinerja kita sebagai kontraktor, ingat pembeli lebih percaya pada cerita sesama pembeli dari pada mendengar janji besar penjual :-)

Berapa modal untuk jadi kontraktor
Untuk alumni kuliah teknik sipil atau lulusan STM jurusan bangunan sebenarnya sudah mempunyai modal besar, ingat Ilmu dan harta lebih berharga mana? Seseorang yang mempunyai warisan perusahaan dari orang tua cukup besar bisa jadi akan segera habis jika tidak mempunyai ilmu yang cukup untuk mengelolanya. Namun dengan ilmu dapat mencari harta, apalagi jika mempunyai keduanya tentu akan jauh lebih baik :-) lalu modal apa saja yang diperlukan untuk membuat perusahaan kontrakor?
  • Ilmu
  • Uang
  • Koneksi atau hubungan silaturahmi yang banyak dan baik.
  • Aset ( Properti, kendaraan, alat bangunan dll )
Jika salah satu diantaranya belum punya maka bisa diupayakan misalnya ilmu dengan belajar, uang dengan bekerja menjadi karyawan terlebih dahulu sambil mempelajari dunia usaha atau dengan cara meyakinkan investor agar mau memberikan modal dengan tawaran bagi hasil.

Membuat Nama Perusahaan kontraktor
Nama disini bisa digunakan sebagai brand usaha kita, jadi dalam membuat sebaiknya dipilih sebuah nama yang mudah diingat dan dapat mewakili bidang usaha kita contohnya PT. Kontraktor akan mewakili perusahaan bangunan sedangkan PT. Makanan tentu kurang cocok jika dijadikan nama perusahaan yang bergerak dibidang borong bangunan :-o . Untuk pengurusan legalitas usaha dapat membaca artikel yang khusus membahas tentang cara membuat perusahaan kontraktordisini

Yah.. masing-masing punya strategi dan cara tersendiri dalam mengembangkan perusahaan kontraktornya, oleh karena itu bagi yang sudah pengalaman dapat menambahkan tips dibawah agar berguna bagi yang sedang membutuhkan, gak perlu takut tersaingi :-o siapa tahu dengan banyaknya pengusaha kontraktor bangunan yang baik maka akan menghasilkan persatuan yang kuat untuk dapat menguasai pasar dunia sehingga peluang mendapat proyek akan semakin besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar